Cara Mengatasi URL Domain diblokir Facebook

Cara Mengatasi Domain Diblokir Facebook

Website atau blog tidak bisa di share ke Facebook disebabkan oleh link blog diblokir Facebook.

Tentu URL domain diblokir Facebook adalah masalah yang sangat serius. Seperti yang kita ketahui, Facebook adalah jejaring sosial terpopuler di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna yang artinya, bagi pemilik website/blog, adalah sumber traffic yang besar.

Jika link website tidak bisa dishare di Facebook, tentu adalah kerugian yang besar bagi kita pemilik website tersebut. Untuk itu, adalah hal yang wajib bagi pemilik bisnis online yang memasarkan jasa dan produknya melalui website untuk segera memulihkan link URL yang diblokir Facebook.

Penyebab Website Tidak Bisa Di Share Di Facebook

Penyebab utama domain tidak bisa dishare ke Facebook adalah karena domain diblokir Facebook. Hal ini ditandai dengan Facebook yang tidak dapat mengambil data dari URL. Atau ketika kita mencoba share domain blog, Facebook tidak dapat memuat URL blog kita.

Pada saat mencoba share URL melalui pesan atau postingan akan muncul pesan berikut ini
“Domaindiblokir.com Your post couldn’t be shared, because this link goes against our Community Standars. If you think this doesn’t go against our Community Standards let us know.” (Domaindiblokir.com Postingan Anda tidak dapat dibagikan, karena tautan ini melanggar Standar Komunitas kami. Jika Anda merasa ini tidak melanggar Standar Komunitas, beri tahu kami)

Adapun penyebab domain diblokir Facebook adalah sebagai berikut.

1. Dianggap Spam

Penyebab paling umum domain diblokir Facebook adalah dianggap spam. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan buruk membagikan link blog di Facebook. Kebiasaan buruk yang saya maksud adalah langsung melakukan spam di grup Facebook atau pun menandai teman sebanyak mungkin saat kita mengupdate postingan berupa link blog.

Selain bisa mengakibatkan dilaporkan oleh orang yang tidak suka, juga bisa dianggap oleh Facebook sebagai spam. Terlebih saat ini fitur filter spam Facebook semakin canggih. Saking canggihnya, blog yang bukan spam aja bisa diblokir otomatis oleh sistem Facebook.

Blog baru aja yang masih blogspot dan belum pernah dishare di Facebook sebelumnya tiba-tiba tidak bisa dishare di Facebook. Bahkan domain TLD seperti .com juga tidak lepas dari blokir Facebook, meskipun baru dibeli.
Tapi tidak perlu khawatir, cara membuka blokiran spam Facebook adalah yang paling mudah.

2. Dilaporin oleh kompetitor

Sementara penyebab domain diblokir Facebook yang paling sering terjadi adalah karena blog direport oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa karena persaingan bisnis atau pun karena memang pemilik situs yang melakukan spamming di grup yang tidak sesuai. Untuk itu, ada baiknya kamu tidak sembarangan share url website kamu di Facebook untuk menghindari orang-orang yang tidak senang dengan konten yang kita bagikan.

3. Melanggar Standar Komunitas Facebook

Penyebab blog tidak bisa dishare di Facebook yang terakhir adalah melanggar Standar Komunitas Facebook. Biasanya ini terjadi pada website-website yang berbahaya seperti memuat konten pornografi, perjudian, hoax, kekerasan dan lain sebagainya. Cara mengatasi tautan yang diblokir Facebook karena melanggar Standar Komunitas FB adalah yang paling sulit untuk dibuka blokirannya.

Cara Buka Blokiran Domain Di Facebook Work 100%

Cara Buka Blokiran Domain Facebook.

Untuk kamu yang link blog atau websitenya terblokir di Facebook sehingga tidak bisa dishare, ikuti panduan memulihkan domain web diblokir FB berikut ini.

Tutorial mengatasi domain diblokir Facebook:

  1. Pertama masuk pada Sharing Debugger di Developers Facebook.
  2. Masukkan url atau link blog yang diblokir Facebook.
  3. Jika URL blog terdeteksi spam, klik Let us know.
  4. Deskripsikan dengan jelas dan singkat masalah yang kamu alami, yaitu terkait link domain yang diblokir di Facebook. Silahkan kirimkan permasalahan yang Anda hapapi dalam bahasa Inggris maupun Indonesia.

Cara cepat bisa untuk bisa masuk ke Sharing Debugger Tool adalah dengan cara share domain yang diblokir di Facebook. Nantinya akan ada pesan bahwa kita tidak bisa share postingan atau pesan karena terdapat link tautan yang harus kamu hapus karena melanggar Standar Komunitas Facebook, langsung klik aja let us know.

Cara Alternatif: Jika cara di atas gagal, bisa dengan meminta bantuan teman Facebook untuk bantu report ke Facebook bahwa website kamu bukan spam. Minimal 3 akun Facebook berbeda untuk melaporkan blog kamu agar segera dibuka. Semakin banyak semakin bagus, tapi jangan report langsung dalam sehari.

Berapa Lama Domain Diblokir Facebook?

Awalnya saya berharap bahwa Facebook akan membuka sendiri domain saya yang diblokir karena sesungguhnya blog saya tidak melanggar Standar Komunitas Facebook. Tapi ternyata tidak, setelah satu tahun lamanya ternyata pihak Facebook tidak kunjung membuka blokirannya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada batasan berapa lama domain diblokir di Facebook. Bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Atau mungkin saja seumur hidup Anda domain website Anda diblokir jika tidak ada usaha memperbaiki masalah ini.

Tips Menghindari Domain Diblokir Facebook

1. Memendekkan URL blog dengan situs shorten URL. Tapi ini bukanlah hal yang tepat, terlebih bagi kita yang ingin branding.

2. Membuat fanspage Facebook sendiri khusus untuk website tersebut sehingga resiko diblokir Facebook lebih kecil. Selain itu, jangan share postingan link blog kamu dengan sembarangan karena bisa dilaporin oleh orang yang tidak suka.

3. Jangan sembarangan membagikan link di group. Jika terdapat orang yang tidak menyukai link tersebut kemungkinan besar akan dilaporkan sebagai spam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *